Mahasiswa Kembangkan Alat Pendeteksi Kualitas Tidur ‘Cyclezzz’

advanced divider

Salah satu tim PKM Universitas Gadjah Mada mengembangkan teknologi bernama Cyclezzz sebagai pendeteksi kualitas tidur sekaligus alarm berdasarkan siklus tidur. Teknologi berbasis alat dan aplikasi ini dikembangkan oleh tim PKM yang diketuai oleh Muhammad Rafi dari Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

Menurut Rafi, latar pengembangan alat dan aplikasi ini adalah peningkatan kualitas tidur berdasarkan siklus tidur. “Kalau siklus tidur terpenuhi kan kualitas tidur akan semakin baik, tentunya bisa meningkatkan kualitas hidup kita,” tambahnya.

Target pengguna aplikasi dan website ini adalah masyarakat umum, terutama yang memiliki masalah dengan kualitas tidur. Dafa, anggota tim yang bertanggungjawab atas alat menjelaskan bahwa fitur utama Cyclezzz adalah pendeteksi masuknya tidur dengan ditandai penurunan detak jantung yang direkam oleh sensor Photoplethysmograph (PPG).

“Pada aplikasi, ada beberapa fitur seperti skrining, alarm, riwayat tidur, laporan tidur, dan lain sebagainya,” jelas Caca, anggota tim yang bertanggungjawab atas desain UI.

Cyclezzz memiliki media sosial di instagram dengan username @pkmkcugm_cyclezzz yang bisa dikunjungi kapanpun untuk tahu lebih dalam tentang Cyclezzz. “Di konten kami, ada informasi mengenai siklus tidur, pengenalan alat, cara kerja alat, dan lain sebagainya,” jelas Selvi, anggota tim yang bertanggungjawab atas media sosial.

Tim yang beranggotakan 5 orang dari berbagai bidang ilmu ini mengalami beberapa kesulitan dalam proses menyelesaikan PKM. Terlebih anggota memiliki banyak kegiatan di luar proyek PKM yang memerlukan diskusi untuk menentukan waktu bertemu.

“Masalah awal kami adalah kurangnya waktu untuk bertemu karena beberapa dari kami sedang magang dan tidak berada di Jogja, namun setelah kembali kami akhirnya memiliki banyak waktu untuk bertemu secara luring dan mendiskusikan PKM,” ucap Tika, anggota tim dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM.

Author: Kartika Puspita Sari

advanced divider

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.